Saturday, October 24, 2015

Apa itu KPI?

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Prodi Baru, Semangatku

Tahu gak sih gaeesss... Prodi KPI itu apa? Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) merupakan salah satu program studi terbaru bahkan bisa dikatakan paling muda dikampus Stain Pekalongan.
Prodi yang baru dibuka tahun 2013 ini berada dalam satu naungan jurusan Ushuluddin dan Dakwah yang seharusnya jurusan tersebut merupakan dua jurusan berbeda.
Berhubung kampus negeri satu-satunya di Pekalongan saat ini (2015) masih berstatus STAIN, maka baik jurusan, prodi maupun dosen masih belum banyak. Bahkan untuk spesialis dosen pengajar tidak sedikit yang didatangkan dari luar kota yang background studinya juga bukan alumni STAIN sendiri.
Ditambah lagi dosen yang mengajar prodi baru KPI merangkap, mengajar lebih dari satu mata kuliah.
Tidak hanya KPI, dalam perkembangannya menuju status IAIN, Stain membuka beberapa prodi baru seperti Hukum Ekonomi Syariah (HES). Tidak menutup kemungkinan jika nantinya akan ada prodi-prodi baru yang bermunculan.
Kebanyakan mahasiswa dari prodi baru sulit dan bingung dalam menjalankan tugas baik akademik maupun non akademik. Serta tidak banyak juga dosen yang meragukan akan potensi mahasiswa dari prodi baru, padahal belum tentu apa yang mereka pikirkan adalah hal yang selalu benar.
Terbukti walaupun pada angkatan pertama belum ada potensi yang terlihat, akhirnya KPI dapat membuktikan semua keraguan dan menepis ketidakmungkinan yang dilakukan oleh mahasiswa program studi baru. Pada angkatan kedua yaitu tahun 2014 beberapa mahasiswa mulai mencoba out of the box. Mereka memberanikan diri keluar dari area yang kurang dilihat atau diminati oleh mahasiswa lain.
Pada tahun 2015, mahasiswa dari prodi KPI mendapatkan juara 2 lomba membuat video pemilihan umum yang diadakan oleh KPU Kota Pekalongan yang total hadiahnya lumayan menurut kami sangat lumayan untuk makan bersama. Ehehe.

Tentunya hal ini sangat mengagetkan karena hanya jarak dua tahun KPI dapat membuktikan potensinya bahkan belum tentu prodi lain dapat seperti itu. Mereka juga tidak sungkan mengikuti beberapa seminar dan pelatihan dari stasiun televisi ternama Trans7 yang pada waktu itu diadakan di Kota Semarang. Dari pelatihan tersebut, juga terdapat lomba membuat video reportase. Dari 7 orang perwakilan, 4 mahasiswa KPI menjadi juara.
Hal ini pastinya tidak lepas dari dukungan beberapa orang hebat seperti Kepala Prodi KPI sendiri, bapak Muhandis Azzuhri, para dosen mata kuliah KPI yang notabene adalah praktisi yang selalu memberikan masukan serta saran akan kemajuan KPI.
Satu lagi sosok yang tentunya sangat penting dalam hal ini yaitu para mahasiswa KPI khususnya angkatan 2014. Untuk itu, bagi mahasiswa yang berada dalam program studi baru jangan khawatir serta tidak usah risau apalagi galau. Tunjukan bahwa kalian tersesat kedalam jalan yang benar hehe. Salah satu contoh untuk membuktikan serta membawa nama prodi kalian adalah dengan sering mengikuti lomba-lomba yang sejalan dengan pembelajaran yang dilakukan. Jangan lupa juga ikuti seminar dan pelatihan yaaa.
Sekian sedikit gambaran tentang program studi Komunikasi dan Penyiaran Isam, serta sedikit tips dalam pengembangan program studi. Kalau kamu merupakan mahasiswa dari prodi baru, jangan merasa kalau kamu tersesat. Belum tentu apa yang kamu inginkan adalah yang terbaik. Karena Allah jauh lebih tau apa yang terbaik untukmu.
Terus semangat dan pantang menyerah! :)
«
Next
Newer Post
»
Previous
This is the last post.

No comments:

Post a Comment

terimakasih atas komentar anda :)

 
Copyright ©2016 faridafoodie.com • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger